Rabu, 02 November 2011

Tips Menjalankan Bisnis Warung Internet (WarNet)

Warung internet atau lebih akrab disebut warnet kini semakin menjamur. Fenomena menjamurnya warnet hampir sama dengan wartel tempo dulu, sebelum alat komunikasi genggam menancapkan eksistensinya. Bisnis warnet terbilang sebagai peluang usaha menjanjikan karena arus media informasi yang semakin canggih.
Melihat peluang emas ini, banyak orang yang mulai melirik bisnis warnet. Hal ini tentu menciptakan persaingan yang cukup ketat. Jika Anda tidak memiliki teknik dan trik khusus serta pengalaman memadai, bersiaplah untuk “layu sebelum berkembang”. Ingat, pelanggan adalah ujung tombak kesuksesan bisnis. Jadi, pandai-pandailah menggaet hati pelanggan.
Hal yang patut diperhatikan saat menggaet pelanggan bukan semata-mata soal tarif per jam. Hal yang lebih penting adalah meningkatkan mutu pelayanan. Percuma memasang tarif murah jika koneksinya lambat. Bahkan, ada beberapa warnet yang memasang slogan “mahal + cepat = murah, murah + lambat = mahal”.

Tips Membuka Usaha Warnet:

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis warnet, cobalah terapkan tips berikut.

1. Lokasi
Sebelum membuka warnet, Anda harus memilih lokasi di lingkungan yang masyarakatnya sudah melek internet. Jangan sampai membuka warnet di lingkungan yang masyarakatnya sama sekali tidak tahu internet. Lokasi yang terbilang tepat untuk membuka bisnis warnet adalah sekitar kampus atau sekolah dan perumahan-perumahan kelas menengah.
Sekalipun di tempat tersebut sudah ada warnet, jangan pernah takut bersaing. Lakukanlah persaingan sehat dan sportif dengan mengoptimalkan mutu pelayanan. Melakukan pendekatan dengan pesaing lama merupakan salah satu cara untuk “mendeteksi” kesuksesan mereka. Jadikanlah sebagai sarana pembelajaran, bukan tolok ukur.

2. Koneksi
Aset yang paling berharga dalam bisnis warnet adalah koneksi dan bandwith. Aset tersebut merupakan salah satu pertimbangan konsumen saat memilih jasa warnet yang akan dipakainya. Memakai koneksi dengan bandwith tinggi tentu tidak murah. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan cara melibatkan “pesaing” lain di lingkungan yang sama.
Bekerja sama merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bandwith tinggi yang akan dibagikan ke beberapa warnet yang terlibat. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapat bandwith yang jauh lebih tinggi denganharga murah. Bayangkan berapa besar ongkos yang harus Anda keluarkan jika berjalan sendiri.
Karena bandwith merupakan aset berharga, pengaturannya harus optimal. Buatlah sistem bandwith manajemen dan traffic shaping untuk membagi koneksi. Jika tidak ada pengatur bandwith, kenyamanan beberapa konsumen akan terganggu ketika ada yang mengunduh file besar dengan program pengunduh tertentu yang mampu menguras bandwith.

3. Tempat dan Suasana
Salah satu cara untuk merebut hati pelanggan adalah menciptakan suasana nyaman. Misalnya, ruangan sejuk, tempat yang luas dan menjamin privasi, kursi serta meja yang nyaman. Selain itu, sediakan pula beberapa minuman dan makanan ringan agar konsumen tidak perlu keluar tempat ketika merasa haus dan lapar. Sediakan pula tempat khusus merokok jika diperlukan. Yang tidak kalah penting adalah menyediakan koneksi instan bagi konsumen yang membawa notebook.

4. Komputer dan Aksesoris
Sediakanlah perangkat komputer yang cukup canggih. Misalnya, keyboard dan mouse yang nyaman. Jika memungkinkan, gunakan monitor LCD agar mata konsumen tidak cepat lelah sehingga betah berlama-lama di warnet Anda. Lengkapilah perangkat komputer Anda dengan headset, webcam, card reader, dan lain-lain.

5. Layanan Tambahan
Agar lebih lengkap, sediakanlah layanan tambahan di warnet Anda. Misalnya, burning CD atau DVD, scan virus, printing, scanning, dan café.

6. Personel
Carilah operator yang mengerti internet serta supel. Sediakan pula jasa technical support yang memahami networking dan seluk-beluknya untuk mengantisipasi trouble di warnet Anda. Untuk menjaga keamanan, pakailah 
jasa satpam.

7. Manajemen
Pantaulah perkembangan warnet Anda dengan menerapkan pola billing yang dilengkapi POS serta laporan yang komplit. Perhatikan pula peran karyawan dalam memajukan warnet Anda. Berikanlah upah setimpal serta waktu istirahat yang cukup. Tingkatkan dan lengkapilah pelayanan warnet Anda secara berkesinambungan.

8. Promosi
Lakukanlah promosi yang mengedepankan pelayanan. Misalnya, menggunakan sistem tarif bervariasi dan paket, voucher, dan member. Pandai-pandailah merangkul konsumen dengan mengadakan pelatihan gratis bagi member, doorprize, dan snack gratis.

Mudah-mudahan tips di atas bisa menjadi inspirasi bagi yang sedang melirik bisnis warnet.

this article has been taken from: http://www.anneahira.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar